HAKIKAT
ANAK USIA DINI
Anak adalah generasi penerus
bangsa, sehingga kehadirannya begitu dinantikan oleh setiap manusia, baik itu
dalam lingkungan keluarga, masyarakat, maupun pemerintah. Masa kanak-kanak
adalah masa emas yang tidak dapat terulang kembali, masa sensitif dan berkembangnya
seluruh aspek perkembangan anak, yang nantinya akan menjadi dasar bagi
perkembangan selanjutnya. Namun, kemampuan anak untuk tumbuh dan berkembang
tidak dapat hadir begitu saja. Ada proses atau tahapan-tahapan yang harus
dilaluinya, yang didalamnya diperlukan stimulus-stimulus dari lingkungannya
untuk mendukung perkembangannya secara optimal. Untuk itulah orang tua, guru,
masyarakat bahkan pemerintah harus mengetahui hakikat anak usia dini terlebih
dahulu sebelum memberikan stimulus pada mereka, sehingga stimulus atau dukungan
yang diberikan tidak hanya dapat mengoptimalkan perkembangan anak di setiap
aspek perkembangan anak, namun juga dapat berdampak positif bagi diri dan
lingkungan anak.
Berdasarkan pernyataan
tersebut maka makalah ini akan mencoba untuk membahas hakikat anak usia dini
dengan sub bab pembahasan pengertian anak usia dini, anak usia dini menurut
para ahli, karakteristik anak usia dini, dan aspek-aspek perkembangan anak usia
dini.
A.
Pengertian
Di Indonesia
pengertian anak usia dini ditujukan kepada anak yang berusia 0-6 tahun[1],
seperti dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 1 ayat 14 yang menyatakan pendidikan anak
usia dini adalah pendidikan yang diperuntukkan bagi anak sejak lahir sampai
usia 6 tahun.[2] Sedangkan Anak usia dini menurut NAEYC (National Association for The Education of
Young Children), adalah anak yang berusia antara 0 sampai 8 tahun yang
mendapatkan layanan pendidikan di taman penitipan anak, penitipan anak dalam
keluarga (family child care home),
pendidikan prasekolah baik negeri maupun swasta, taman kanak-kanak (TK) dan
sekolah dasar (SD).[3]
Hal ini dapat disebabkan pendekatan pada kelas awal sekolah dasar kelas I, II
dan III hampir sama dengan usia TK 4-6 tahun.
Menurut basil
penelitian Osbora, White dan Bloom perkembangan intelektual manusia pada usia
empat tahun sudah mencapai 50%, usia 8 tahun 80%, dan pada usia 18 tahun bisa
mencapai 100%.[4] Berdasarkan penelitian tersebut maka masa
usia dini adalah masa golden age yang
harus dioptimalkan karena sebagian besar perkembangan otak anak didominasi pada
masa tersebut yakni mencapai 80% sedangkan 20% selanjutnya akan berkembang
setelah masa usia dini hingga umur 18 tahun.
Perkembangan pada
usia dini berjalan sangat cepat, bahkan lebih cepat daripada usia setelahnya[5]
hal ini dikarenakan pada masa ini sel-sel neuron dalam otak manusia akan
berkembang sangat optimal jika mendapat stimulus-stimulus dari lingkungannya.
Otak besar manusia terdiri dari hemisfer
kanan dan hemisfer kiri, kedua hemisfer memiliki peran yang berbeda dalam
proses kognitif, Parera mencatat hemisfer kanan mengenali musik dan pola-pola
visual yang kompleks, sedangkan hemisfer kiri mengendalikan kemampuan analitis,
matematika, dan kemampuan berbahasa.[6]
Bayi ketika lahir otaknya memiliki
bermilyar-milyar neuron yang masih berenang-renang di otaknya. Neuron-neuron
tersebut akan terjadi sinapsis jika anak mendapatkan rangsangan-rangsangan dari
luar yang ditangkap oleh panca inderanya. Melalui hal tersebut maka
neuron-neuron tersebut semakin banyak terjadi sinapsis ketika anak dalam usia
emas yakni 0-8 tahun yang disebut sebagai anak usia dini, yang perkembangaan
otaknya mencapai 80%. Neuron-neuron yang terhubung tersebut ada kalanya dibuang
dan ada yang dipertahankan. Yang terbuang adalah sinapsis-sinapsis yang jarang
digunakan, sementara sinapsis-sinapsis yang unik, berulang-ulang dan
menyenangkan akan bertahan di otak anak.
Periode golden age hanya terjadi seumur hidup dan tidak akan bisa diulang
lagi, selain itu masa golden age juga terbatas hanya sampai usia 6 tahun. Namun
bukan berarti pada masa ini orangtua harus menjejali anak dengan dengan
berbagai pengetahuan yang memberatkan anak. Pengetahuan anak akan berkembang
sesuai dengan dengan tahapan perkembangannya dan secara berkesinambungan.
Menjejali anak dengan cara memaksa hanya akan membuat proses tersebut
menghambat motivasi anak untuk belajar saat di sekolah.[7]
Berdasarkan penyataan-pernyataan diatas
maka dapat didefinisikan bahwa anak usia dini adalah anak usia 0-6 tahun atau
anak usia 0-8 tahun menurut kajian NAEYC, yang dalam masa tersebut disebut
sebagai masa golden age anak.
Perkembangan anak pada masa ini sangat cepat yakni dapat mencapai 80% sehingga
stimulasi yang optimal dari lingkungan akan membantu anak mengembangkan sinapsis-sinapsis yang ada di
dalam otak anak.
B.
Anak
Usia Dini Menurut Para Ahli
Dalam sejarah
perkembangan anak usia dini terdapat beberapa filsuf yang pemikirannya
mendasari pendidikan anak usia dini hingga saat ini, secara ringkas filosofi
para filsuf tersebut adalah sebagai berikut:
1. John Locke (1632-1704)
John locke terkenal
dengan teori “Tabula Rasa”. Teori ini
berpendapat bahwa anak lahir dalam keadaan seperti kertas putih sehingga
lingkunganlah yang berpengaruh terhadap pembentukan dirinya. Lingkunganlah yang
mengisi kertas kosong tersebut yang dinamakan pengalaman. Pengalaman-pengalaman
anak akana berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak.[8]
2. Jean Jacques Rousseau (1712-1778)
Jean Jaques Rousseau
adalah salah satu filsuf yang mendasari teori maturisional yang beranggapan
bahwa yang berpengaruh terhadap perkembangan anak adalah berasal dari anak
sendiri atau berkembang secara alami. Pendidikan harus membiarkan anak tumbuh
tanpa intervensi dengan cara tidak membandingkan anak antara satu dengan yang
lainnya.
Dalam pemikirannya
Rousseau beranggapan bahwa anak lahir dalam keadaan baik, lingkunganlah yang
membuat anak menjadi jahat.
3. Friedrich Froebel (1782-1852)
Menurut Froebel, sejak
lahir dan menjalani masa kanak-kanak, seseorang harus menjalani hidup sesuai
perkembangannya. Secara kodrati, seorang anak membawa sifat baik, sifat buruk
anak muncul karena pendidikan yang salah.
Froebel juga
mengajurkan agar indera anak dilatih dengan pengamatan, eksplorasi atau
peragaan terhadap makhluk hidup, melalui hal tersebut anak akan belajar,
berpikira kemudian melakukan atau yang biasa disebut learning by doing. Tahun 1831 Froebel mendirikan Kindergarten. Konsep kindergarten
Froebel sanagt terkenal dan menjadi rujukan diberbagai Negara[9],
bahkan di Indonesia konsep Froebel terkenal pada masa sebelum kemerdekaan.
4. Maria Montessori (1870-1952)
Maria Montessori
adalah seorang dokter bidang penyakit anak yang meyakini bahwa pendidikan dimulai
sejak lahir. Bayi yang masih kecil perlu
dikenalkan dengan orang-orang dan suara-suara, diajak bermain dan
bercakap-cakap agar anak-anak dapat berkembang menjadi anak yang normal dan
bahagia.
Dasar pendidikan
Montessori yaitu penghargaan terhadap anak, absorbent
mind (pemikiran yang cepat menyerap), sensitive
periods (masa peka), penataan lingkungan sesuai dengan karakteristik dan
kebutuhan anak, pendidikan diri sendiri (pedosentris),
masa peka, dan kebebasan”.[10]
5. Ki Hadjar Dewantara (1922-)
Ki Hadjar Dewantara
adalah tokoh pendidikan Indonesia, dan karaena kegigihannya ia dinobatkan
sebagai bapak pendidikan Indonesia. Dewantara mendirikan Taman Indria untuk
anak usia dini. Pandangan Dewantara tentang pendidikan adalah ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangunkarso,
tut wuri handayani.
Pendidikan di Taman
Indria menggunakan gabungan dari pendekatan Montessori dan Froebel, meskipun
tidak sepenuhnya karena Dewantara memasukkan pendidikan berdasarkan kepada
budaya luhur bangsa Indonesia terutama dalam pendidikan watak, kesusilaan dan
agama.[11]
Berikut prinsip-prinsip dasar pendidikan Ki Hajar Dewantara menurut Masnipal:
a. Taman
siswa menggunakan dasar pendidikan Froebel dan Montessori
b. Ki
Hajar Dewantara sangat setuju terhadap konsep Montessori yakni anak belajar
dengan bebas
c. Permainan
bagi anak-anak adalah sangat penting, karena itu sesuai dengan dunia
kanak-kanak yakni baki dipandang dari secara psikologis, biologis maupun
pedagogis.
d. Permainan anak dan latihan panca indera merupakan
satu kesatuan yang tidak terpisahkan.
e. Belajar
dengan menggunakan pikiran belum tepat diberikan kepada anak usia dini, tetapi
yang tepat adalah pendidikan melaluipanca indera
f. Menggunakan
permainan tradisional kepada anak sesuai dengan budaya bangsa, termasuk
nyanyian, cerita dan sandiwara yang berkembang di daerah itu.
g. Malarang
pembelajaran yang bersifat intelektualisme
seperti: membaca dan berhitung
h. System
pendidikan “among” melarang perintah atau paksaan, tetapi menganjurkan
kemerdekaan, toleransi, kerelaan dan demokrasi.
i. Anak
perlu didekatkan dengan kebudayaan asli bangsa Indonesia, seperti wayang,
batik, dan kesenian daerah.
6. Howard Gardner (1943-)
Gardner adalah tokoh
yang terkenal dengan pemikirannya tentang kecerdasan jamak, dalam pemikiran
Gardner setiap anak adalah cerdas, tugas guru adalah mengarahkannya agar anak
menjadi cerdas. Dimensi kecerdasan menurut Gardner antara lain: kecerdasan
bahasa, kecerdasan logika-matematika, kecerdasan music, kecerdasan gerak tubuh,
kecerdasan visual-spasial, intrapersonal, interpersonal, naturalis dan
spiritual.[12]
C.
Karakteristik
Anak Usia Dini
Pada masa usia dini
karakteristik anak sangat berbeda dibandingkan dengan karakteristik tahapan
selanjutnya, beberapa karakteristik anak usia dini menurut Hartati[13],
adalah sebagi berikut:
1. Memilki
rasa ingin tahu yang besar
Anak
usia dini sangat tertarik dengan dunia yang ada di sekitarnya. Pada masa bayi
anak mencoba meraih benda-benda yang ada disekitarnya kemudian pada usia hampr
1 tahun anak suka mengambil kemudian membuang mainan yang dimainkannya, pada
usia 3-4 tahun anak sudah mulai bisa membuat kalimat dengan 4-5 kata, pada masa
ini anak-anak suka membongkar pasang mainan yang ada disekitarnya.
Pada
usia 5-7 tahun kemampuan anak untuk membuat kalimat sudah mulai menyerupai
orang dewasa. Pada masa ini anak juga memiliki keingintahuan yang besar
terhadap lingkungannya, sehingga anak kerap bertanya pada orang dewasa baik itu
guru maupun orangtua tentang hal-hal yang dianggap menaruik oleh anak, dan
sebaiknya orang tua menanggapi pertanyaan anak dengan baik pula bahkan bisa
juga orangtua balik bertanya pada anak, hal ini untuk merangsang daya pikir dan
penalaran anak.
2. Merupakan
pribadi yang unik
Secara umum pola
perkembangan anak usia dini adalah sama, namun perlu disadari bahwa tiap-tiap
anak memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Bahkan meskipun anak tersebut
kembar. keunikan ini dapat berasal dari faktor genetis maupun berasal dari
faktor lingkungan anak. Guru sebagai pendidik harus benar-benar memahami hal
ini sehingga guru dapat memahami kebutuhan tiap-tiap anak dalam pembelajarannya.
3. Suka
berfantasi dan berimajinasi
Anak usia dini sangat
suka berimajinasi dan berfantasi dengan pikirannya, kemudian anak dapat
menceritakannya dengan begitu antusias seolah-olah dia mengalaminya sendiri,
padahal bisa saja hal tersebut hanya
hasil dari imajinasi anak. Kadang anak usia dini juga belum bisa membedakan
dengan jelas antara kenyataan dan fantasi, sehingga seringkali orang dewasa
menganggap anak berbohong.
Fantasi dan imajinasi
pada anak sangat penting bagi pengembangan kreativitas dan bahasanya. Untuk itu
anak perlu untuk mendapatkan bimbingan agar dapat membedakan antara kenyataan
dan fantasi, maupun fantasi dan imajinasi anak. Fantasi menurut Lubis adalah
kemampuan membentuk tanggapan baru dengan pertolongan tanggapan yang sudah ada.
Sedangkan imajinasi adalah kemampuan anak untuk menciptakan suatu objek atau
kejadian tanpa didukung data yang nyata, contohnya: adalah teman imajiner bagi
anak.
4. Masa
paling potensial untuk belajar
Pada usia 0-8 tahun
perkembangan otak anak dapat mencapai 80%, sehingga jika anak diberikan
stimulus-stimulus yang dapat merangsang otak anak maka neuron-neuron yang ada
dalam otak anak akan berkembang atau bercabang-cabang sehingga akan akan
menjadi lebih cerdas. Namun pengalaman-pengalaman yang diperoleh anak akan
menetap jika digunakan secara terus-menerus namun akan menyusut jika tidak
digunakan.
Pada masa inilah
disebut masa golden age yang
merupakan masa paling potensial untuk anak dalam belajar guna mengoptimalkan
tumbuh kembang anak.
5. Menunjukkan
sikap egosentris
Egosentris artinya
berpusat pada aku, artinya anak usia dini pada umumnya hanya memahami sesuatu
dari sudut pandangnya sendiri, bukan sudut pandang orang lain. Egosentrisme
pada anak dapat merugikan bagi penyesuaian diri dan sosialnya jika terjadi
berkelanjutan. Seorang ahli anak, Jean Piaget memasukkan karakter tersebut pada
tahapan kognitif preoperational pada usia 2-7 tahun.
6. Memiliki
rentang daya konsentrasi yang pendek
Anak usia dini
memiliki rentang daya konsentrasi pendek adalah dimaksudkan anak mudah teralihkan
perhatiannya terhadapa hal lain yang lebih menarik, atau anak mudah bosan
terhadap suatu hal yang dikerjakannya jika merasa sudah tidak menarik lagi.
Jangka waktu anak usia dini untuk berkonsentrasi adalah sekitar 10 menit untuk
anak dibawah 5 tahun menurut Hurlock.
7. Sebagai
bagian dari makhluk sosial
Anak usia dini mulai
bisa berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya, pada masa ini anak akan
belajar memahami kepentingan orang lain, belajar mengalah, berbagi dan
mengantri, dalam hal ini anak juga belajar berperilaku sesuai harapan sosialnya
karena ia membutuhkan orang lain dalam kehidupannya.
Selain karakteristik anak
usia dini yang telah dijabarkan ada titik kritis yang perlu dijabarkan. Titik
kritis tersebut adalah sebagai berikut:[14]
1.
Membutuhkan rasa aman, istirahat, dan makanan
yang baik
Anak usia dini membutuhkan keseimbangan
berbagai zat makan, latihan, dan istirahat yang cukup. Anak secara berkala
perlu diperiksa kesehatan untuk memastikan tumbuh kembangnya.
2.
Datang ke dunia yang diprogram untuk meniru
Anak usia dini secara konstan mencontoh apa
yang dilihat dan didengarnya.semua kata, perilaku, sikap, keadaan, perasaan,
dan kebiasaan orang dewasa disekitarnya akan diamati, dicatat dalam pikiran dan
kemudian akan ditirunya. Imitasi atau peniruan ini merupakan salah satu contoh
belajar anak usia dini. Oleh karena itu, pemberian teladan atau contoh
merupakan salah satu cara belajar anak usia dini.
3.
Membutuhkan latihan dan rutinitas
Melakukan sesuatu secara berulang merupakan
kesenangan tersendiri bagi anak usia dini. Mereka cenderung tidak pernah bosan
melakukan secara berulang apa yang membuat mereka tertarik dan senang.
Pengulangan ini merupakan latihan bagi anak untuk memiliki keterampilan.
4.
Memiliki kebutuhan untuk banyak bertanya dan
memperoleh jawaban. Bertanya merupakan cara yang umum dilakukan anak usia dini
dalam prosesnya. Ketika anak mengajukan pertanyaan dan diacuhkan, dikritik,
atau dijawab asal-asalan maka anak akan merasa bersalah dengan pertanyaan yang
telah diungkapkan.
5.
Cara berpikir anak berbeda dengan orang
dewasa
Meskipun anak kadang dapat mengerti dan
melakukan perintah dari orang dewasa, namun anak usia dini belum mampu
berpikir, seperti orang dewasa. Kemampuan berpikir logis pada anak berkembang
lebih lambat dari pada kemampuannya dalam menguasai kata-kata.
6.
Membutuhkan pengalaman langsung
Orang dewasa memiliki kemampuan mental untuk
menghadapi situasi baru untuk beradaptasi sedangkan anak usia dini belum
memiliki kemampuan mental seperti itu, pemerolehannya berdasarkan pengalaman
secara langsug.
7.
Trial
and eror menjadi hal pokok dalam belajar
Anak usia dini gemar mencoba hal baru, setiap
kali gagal ia tidak pernah bosan untuk mencoba lagi. Oleh karena itu perlu
untuk memberikan anak kesempatan dan motivasi.
8.
Bermain merupakan dunia masa anak-anak
Bermain bagi anak merupakan proses
mempersiapkan diri untuk masuk kedalam dunia orang dewasa, cara bagi anak untuk
memperoleh pengetahuan, menumbuhkan hasrat bereksplorasi, melatih pertumbuhan
fisik, juga menggunakan kata-kata.
D.
Aspek-aspek
Perkembangan Anak Usia Dini
1.
Perkembangan
Kognitif
Jean Piaget adalah
seorang Psikolog Swiss yang terkenal, Piaget menyebutkan bahwa proses kognitif
yang penting dalam otak anak adalah skema, asimilasi dan akomodasi, organisasi,
serta ekuilibrasi.
Skema dalam teori Piaget adalah tindakan atau
representasi mental yang mengatur pengetahuan. asimilasi adalah masuknya
informasi baru ke dalam pengetahuan yang sudah ada (skema). Akomodasi adalah
penyesuaian skema agar sesuai denganinformasi dan pengetahuan baru. Organisasi
adalah pengelompokan perilaku yang terisolasi ke dalam sebuah sistem kognitif dengan
susunan yang lebih tinggi yang erfungsi secara lebih lancer, pengelompokan atau
penyusunan hal-hal ke dalam kategori-kategori. Ekuilibrasi mekanisme yang
diajukan Piaget untuk menjelaskan bagaimana anak-anak beralih dari satu tingkat
pemikiran ke tingkat yang berikutnya.[15]
Piaget mengajukan
empat tahapan perkembangan anak sebagai berikut:[16]
a. Tahap
sensorimotor (0-2 tahun)
Dalam tahap ini
bayi membangun pemahaman tentang dunia
dengan mengoordinasikan pengalaman sensori dengan tindakan motorik mereka,
itulah mengapa disebut tahap sensorimotor. Piaget berpendapat bahwa benda-benda
yang bersifat permanen adalah pencapaian yang penting dalam masa bayi.
Pencapaian kedua adalah kesadaran bertahap bahwa ada perbedaan atau batas
antara diri sendiri dan lingkungan sekitar. Menurut Piaget, seperti inilah
kehidupan mental bayi. Pada akhir periode sensorimotor, anak dapat membedakan
antara diri sendiri dan dunia, serta sadar bahwa benda akan terus ada.
b. Tahap
Praoperasional (2-7 tahun)
Tahap ini lebih
simbolik daripada tahapan sensorimotor, pada tahap ini ditandai dengan anak
bersifat egosentris dan intuitif daripada logis.
c. Tahap
Operasional Konkret (7-11 tahun)
Pada tahapan ini anak
sudah dapat berpikir melibatkan penggunaan konsep operasi. Pemikiran logis
menggantikan pemikiran intuitif, tetapi hanya dalam siruasi yang konkrit.
Terdapat ketrampilan mengklasifikasikan , tetapi persoalan yang abstrak tetap
tidak terselesaikan.
d. Tahap
Operasional Formal (11-15 tahun hingga masa dewasa)
Pada tahapan ini individu-individu
mulai mengambil keputusan berdasarkan pengalaman nyata dan berpikir lebih
abstrak, idealis dan logis.
2.
Perkembangan
Bahasa
Tahap-tahap
Pemerolehan Bahasa Anak- Universal menurut Afifuddin[17],
adalah sebagai
a. Praujaran
(Pre-speech)
Bayi memberi tanggapan terhadap bahasa
(ujaran) lebih cermat dibandingkan dengan bunyi-bunyi lain. Bunyi bahasa
(ujaran) memperlihatkan aktivitas listrik yang lebih nyata pada belahan otak
kiri bayi yang berusia dua bulan dibandingkan dengan hunyi-bunyi lain.
Eksperimen dengan menggunakan mikrofon dan dot bayi memperlihatkan bahwa bayi
menyedot lebih cepat/aktif bila diperdengarkan suara manusia dibandingkan
dengan bunyi-bunyi lain.
b. Tahap
Meraba/Berceloteh (babbling stage)
Tahap ini dimulai ketika bayi berusia
beberapa bulan. Dunia celoteh bayi
dimulai kira-kira usia empat sampai enam bulan. Ditandai oleh bunyi-bunyi yang
tidak dapat membedakan secara tepat adanya perbedaan bunyi-bunyi bahasa, banyak
diantara bunyi ujaran tersebut bukan merupakan ujaran
c. Tahap
Satu Kata
Bayi mampu menuturkan kata-kata pertama pada
usia sembilan bulan, misalnya “mama”, “dada” (kata-kata ini mirip dengan babbling ). Tahap ini ditandai oleh
mulai dihasilkannya tanda-tanda bahasa sesungguhnya. Kata-kata yang dibuat
seringkali disederhanakan, misalnya “du” untuk duck.
d. Menggabungkan
Kata
Usia 18 bulan sampai
2 tahun. Menjelang usia 2,5 tahun, kebanyakan anak-anak berbicara dengan
menggunakan kalimat yang mengandung banyak kata, meskipun tata bahasanya sangat
tidak sempurna. Tahap ini berkembang dengan cepat ke dalam tahap kelima (tahap
akhir) pemerolehan bahasa. Menjelang usia 6 tahun, tata bahasa yang
diperlihatkan anak-anak mendekatai tata bahasa yang digunakan orang dewasa.
3.
Perkembangan
Psikoseksual
Tahap-tahap perkembangan Psikoseksual
menurut Sigmund Freud.[18]
adalah sebagai berikut:
a. Fase Oral
Pada tahap oral,
sumber utama kesenangan bayi adalah berada didaerah mulut, sehingga kegiatan
mengisap adalah sangat penting. Mulut bayi digunakan untuk makan, mencicipi,
dan mengisap hal-hal inilah yang menyenangkan bagi bayi sehingga masa ini
disebut masa oral. Karena bayi sepenuhnya tergantung pada atau orang tua (yang
bertanggung jawab untuk memberi makan anak), bayi juga mengembangkan rasa
kepercayaan dan kenyamanan melalui stimulasi oral.
Permasalahan pada
tahap ini adalah proses penyapihan pada bayi, yakni agar membuat bayi tidak
lagi sepenuhnya bergantung pada orangtua. Kegagalan pada proses ini dapat
menyebabkan anak melakukan hal-hal yang tidak baik berkaitan dengan fase oral
yang tidak berjalan baik seperti merokok dan menggigit kuku.
2. Fase Anal
Tahapaan Fase Anal
anak ditandai dengan toilet training
artinya anak dibiasakan untuk mengendalikan kandung kemih dan buang air besar. Permasalahan
pada tahap ini adalah bagaiman cara guru maupun orangtua mengajarkan toilet
training yang baik dan sebisa mungkin melalui kegiatan tersebut anak dapat
mandiri. Orang tua yang memanfaatkan pujian dan penghargaan untuk menggunakan
toilet pada saat yang tepat mendorong hasil positif dan membantu anak-anak
merasa mampu dan produktif. Freud percaya bahwa pengalaman positif selama tahap
ini menjabat sebagai dasar orang untuk menjadi orang dewasa yang kompeten,
produktif dan kreatif.
Kegagalan atau tidak
baiknya prses pada tahap ini adalah jika kontrol atau pelatihan yang diberikan
orangtua terlalu longgar, individu dapat menjadi pribadi yang boros atau
merusak kepribadian berantakan. Dan sebaliknya jika kontrol atau pelatihan
orangtua terlalu mengekang anak maka anak akan menjadi pribadi yang ketat, tertib, kaku dan obsesif.
3. Fase
Phalic
Pada tahap ini, fokus
utama dari libido adalah pada alat kelamin. Pada tahap anak mulai mnegembangkan
rasa cemburu kepada ayah kandung, dengan keinginan untuk mendapatkan kasih
sayang Ibu. Namun, di sisi yang lain anak juga memiliki rasa takut untuk
dihukum oleh ayahnya. Rasa takut ini oleh Freud disebut sebagai penegebirian
kecemasan. Pada fase ini anak mulai dapat membedakan antar jenis kelamin
laki-laki dan perempuan. takut Freud disebut pengebirian kecemasan.
4. Fase Latent
Periode laten adalah
saat eksplorasi di mana energi seksual tetap ada, tetapi diarahkan ke daerah
lain seperti pengejaran intelektual dan interaksi sosial. Tahap ini sangat
penting dalam pengembangan keterampilan sosial dan komunikasi dan kepercayaan
diri. Freud menjelaskan bahwa masa latens adalah masa yang relatif stabil.
5. Fase Genital
Pada tahap akhir perkembangan psikoseksual, individu mengembangkan
minat seksual yang kuat pada lawan jenis. Dimana dalam tahap-tahap awal fokus
hanya pada kebutuhan individu, kepentingan kesejahteraan orang lain tumbuh
selama tahap ini. Jika tahap lainnya telah selesai dengan sukses, individu
sekarang harus seimbang, hangat dan peduli. Tujuan dari tahap ini adalah untuk
menetapkan keseimbangan antara berbagai bidang kehidupan.
4.
Perkembangan
Fisik/motorik
Masnipal[19]
menjelaskan tantang tahapan fisik/motik anak sebagai berikut: pada usia 4 bulan
anak sudah dapat melakukana kegiatan menelungkup, pada usia 5 bulan anak sudah
dapat menegakkan kepala, anak umur 7 bulan sudah mulai dapat merangkak, pada
usia 8 bulan anak anak belajar duduk lalu berdiri. Dan pada usia 11/12 bulan
anak sudah mulai bisa berjalan.
5.
Perkembangan
Sosial-Emosional
Berkaitan dengan aspek
sosial-emosional, Erikson (dalam Mashar, 2011; Papalia,Olds,dan Feldman, 2002;
Santrock, 1995; Morrison, 1988)[20],
membagi masa anak usia dini dalam tiga periode perkembangan, yaitu:
a.
Masa bayi (usia 0-18 bulan)
tahap
terbentuknya kepercayaan dasar versus ketidakpercayaan (basic trust vs. mistrust), dengan karakteristik berupa adanya
kebutuhan dasar bayi yang harus dipenuhi oleh pengasuh yang tanggap dan peka
agar terbentuk rasa kepercayaan yang akan menimbulkan rasa aman.
b.
Masa toddlers
(usia 18 bulan - 3 tahun),
Tahap
terbentuknya otonomi versus rasa masa malu dan ragu-ragu (autonomy vs. shame and doubt) dengan karakteristik berupa adanya
kemauan yang bersal dari diri anak sendiri, sehingga bayimulai mengembangakan
rasa otonomi atau kemandirian. Namun jika bayi terlalu dibatasi atau dihukum
terlalu keras, bayi cenderung mengembangkan rasa malu dan ragu-ragu.
c.
Masa awal kanak-kanak (tahun-tahun
prasekolah; usia 3-6 tahun)
Tahap
terbentuknya inisiatif versus rasa bersalah (initiative vs.guilt) dengan karakteristik anak yang mulai
mengembangkan berbagai aktivitas dan perilaku yang lebih bertujuan. Lingkungan
yang memberi kesempatan bereksplorasi dan akan mengembangkan kemampuan anak
untuk menenrima tanggung jawab aktif, dan memiliki keterlibatan lingkungan.
Namun perasaan bersalah yang tidak menyenangkan muncul jika anak tidak mampu
melakukan aktivitas-aktivitas baru.
[1]
Masnipal, Siap Menjadi Guru dan Pengelola
PAUD Profesional (Jakarta: Elex Media Komputindo,
2013), h. 78.
[2]
Siti Aisyah et.al., Perkembangan dan
Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini
(Jakarta:
UniversitasTerbuka,
2011), h. 1.3.
[3]
Ibid., h. 1.3.
[4]
Soegeng Santoso, Konsep Pendidikan Anak
Usia Dini Menurut Pendirinya 1 (Jakarta, 2011), h. 7.
[5]
Masnipal, op. cit., h. 79.
[6]
Arifuddin, Neuropsikolinguistik (Jakarta:
rajawali Press, 2010), h. 56.
[7]
Masnipal, op. cit., h. 81.
[8]
Anita Yus, Model Pendidikan Anak Usia
dini (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011), h. 2.
[9]
Masnipal, op. cit., h. 37.
[10]
Anita Yus, op. cit., h. 8.
[11]
Masnipal, op. cit. hh. 47-49
[12]
Ibid., h. 10.
[13]
Siti Aisyah, op. cit., h. 1.4.
[14]
Ibid., h. 1.9.
[15]
John W. Santrock, Psikologi Pendidikan –
Educational Psycology terjemahan
Diana Angelica (Jakarta: Salemba Humanika, 2009), hh. 48-49.
[16]
Ibid., hh. 50-59.
[17]
Afifuddin, op. cit,. hh. 153-156.
freud.html (diakses 2 desember 2013).
[19]
Masnipal, op. cit., h. 79.
Media Group, 2011)
terima kasih artikel yg sungguh menarik untuk pendidikananak usia dini memang sangat penting dengan menggunakaan metode fun learning , individual system dan small step system sehingga anak semakin merasa senang dikelas
BalasHapusbimbaaiueocilegong.blogspot.co.id
terima kasih, artikelnya sangat membantu bagi saya yang mempunyai anak kecil
BalasHapushii eka pa kbr??? top bgt
BalasHapusTerima Kasih untuk artikelnya, sangat membantu sekali untuk memahami mengenai pendidikan
BalasHapusBaik sekali
BalasHapushttp://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2Fkurniawan.wordpress.com
Artikelnya sudah bagus..
BalasHapusInformasi-informasinya juga sangat membantu
BUNDA INILAH MENGAPA PENTING UNTUK MEMBERIKAN ASUPAN SUSU ASI DAN FORMULA BERNUTRISI DAN BUKAN AIR HUJAN YA BUNDA.
BalasHapusHanya 1 USER ID Bisa Main Semua Game Ini.
LIVE CASINO
SPORTBOOK
POKER
SABUNG AYAM
TANGKAS
SLOT GAMES
BATU GONCANG
NUMBER GAME
HOT PROMO CANDI4D :
Bonus New Member 10%
Bonus Deposit HARIAN 10%
BONUS Candi4D :
Bonus 1 Minggu Sekali!!!
Bonus Rollingan up to 0.8% ( Casino )
Bonus 2 Minggu Sekali!!!
-Bonus Rollingan Sport 0.3%
-Bonus Rollingan Poker 0.3%
-Bonus Rollingan Sabung Ayam 0.3%
-Bonus Rollingan Tangkas 0,3%
-Bonus Rollingan Slotgame 0,3%
BONUS CASHBACK ( SETIAP HARI SENIN )
-Bonus CashBack up to 15% ( Games & Tangkas )
-Bonus CashBack up to 15% ( Sportbook )
-Bonus CashBack up to 15% ( Sabung Ayam )
BONUS REFERRAL
-Bonus Referral Togel :
–4D & COLOK : 1%
–2D & 3D : 0.5%
-Bonus Referal up to 2% ( Sportbook & Sabung Ayam )
Discount TOGEL untuk Pasaran :
SENTOSA 4D – SENTOSA TOTO – SINGAPORE – FINLANDIA
Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.50% , 2D : 29.50%
SYDNEY – HONGKONG
Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.00% , 2D : 29.00%
Min Depo : Rp 25.000,-
Min WD : Rp 50.000,-
Ayo bergabung bersama kami! Rasakan pengalaman judi yang berbeda :)
Whatsapp : +6281388618848
Line : CANDI_4D
Instagram : cscandi4djitu
WWW. CANDIJITU. COM
Pelayanan 24 jam online :)
Terima kasih sudah membantu saya dalam menyelesaikan tugas tugasku.
BalasHapusNAMA: Titin yuni Arlini
BalasHapusACCOUNT NUMBER: 6170235108
NAMA BANK: bank central asia (BCA)
PINJAMAN PINJAMAN: Rp 250.000.000
EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com
Selamat siang!!!
Saya hanya tersenyum seperti saya memposting ini karena KARINA ELENA PERUSAHAAN PINJAMAN ROL telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp250.000.000 untuk menghapus semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami saya sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan saat ini saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan IBU KARINA karena memberi saya pinjaman saya.
Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya karena bantuan dari KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Mahakuasa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari IBU KARINA.
Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478
Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.
BalasHapusSaya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)
Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua
BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
BalasHapusEmail: belindachristopherloancompany@gmail.com
whatsapp: +1 (347) 797-0786
Saya ANIK SUSIAWATI dengan nama, dari indonesia. Saya ingin menggunakan ini
media untuk mengucapkan terima kasih khusus kepada perusahaan yang luar biasa ini yang memungkinkan saya untuk meningkatkan bisnis saya. Saya terjebak dalam krisis keuangan dan saya perlu membiayai kembali bisnis saya, saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai firma pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil karena saya telah ditipu beberapa kali dan sebagian besar bank menolak kredit saya, sampai saya bertemu dengan perusahaan ini nama BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang membantu saya dengan pinjaman sejumlah (Rp300.000.000) tanpa stres saya benar-benar ingin berterima kasih kepada MRS BELINDA CHRISTOPHER yang telah memungkinkan dan membantu saya melalui dan memastikan saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi saya ingin menggunakan cara ini untuk menasihati semua orang di luar sana yang mencari pinjaman bahwa jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jadwal pembayaran yang lebih baik untuk menghubungi MRS BELINDA CHRISTOPHER di (belindachristopherloancompany @ gmail. Com) untuk a pinjaman cepat, aman dan mudah hari ini ... Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut (aniksusiawati0@gmail.com)
Nama: Anik susiawati
Bank: Bank Central Asia (BCA)
Jumlah Pinjaman: Rp300.000.000
Tanggal: 17 Agustus 2020
Surel. aniksusiawati0@gmail.com
CUKUP CUKUP UNTUK KEBIJAKSANAAN.
BalasHapusPERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com)
whatsapp .... + 1585 708-3478
facebook ..... elena karina roland
instagram ..... karina roland
Salam, pikiran yang hebat, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang akan mau mengambil sendiri untuk mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya dan semua itu. i ”m AFIZAH NAZERI, seorang pengusaha wanita terkemuka yang tinggal di TERENGGANU CITY OF MALAYSIA telah memutuskan untuk membagikan artikel ini kepada siapa saja yang berkepentingan sehingga mereka dapat belajar dan mendidik diri sendiri darinya. Ini buruk sampai Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan itu ternyata palsu. Sungguh saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali sampai memperpanjang saya kehilangan hampir Rm14.000 total semua atas nama mendapatkan pinjaman untuk diinvestasikan dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya yang gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga melanjutkan untuk memastikannya nyata, periksa ulasan mereka dan juga pergi ke keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai tinjauan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman yang kami inginkan sebesar Rm80.000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online hanya hubungi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan. # SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
negara ...... Malaysia
nama ......... Afizah Nazeri
Jumlah yang disetujui ..... Rm80.000
bank ....... BSN (Malaysia)
email ....... afizahnazeri@gmail.com
Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik
BalasHapusContact Details:
e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
WhatsApp:::+6282274045059
Company::Iskandar Lenders"""""
Loan Amount:::Rp.700juta
Name:::::Angga Annisa
Country::::Indonesia
Occupation:Trader
Year:April,2020
Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar
Saya Peterson's Favor dari Surabaya dan saat ini tinggal di Malaysia. terima kasih kepada RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang telah memberi saya pinjaman sebesar RM450.000 dengan tingkat bunga yang sangat rendah.
BalasHapusSaya ditipu oleh penipu online bulan lalu, terima kasih kepada Allah yang menggunakan Rika Anderson untuk mengakhiri semua kecurigaan saya dalam hidup saya, jadi saya mencari pinjaman tanpa riwayat kredit dan saya memiliki banyak bank dan perusahaan keuangan untuk meminjamkan saya, tetapi semua menolak.
Saya melihat halaman di internet dan saya melihat seorang wanita mariafadhlan maria fadhlan@gmail.com dan vania hilmanaki vaniahilmanaki@gmail.com yang membagikan kesaksiannya tentang bagaimana mereka mendapat pinjaman dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY. Saya menghubungi ibu Rika dengan keyakinan dan dalam waktu 2 jam, saya mendapat pinjaman, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog itu benar-benar palsu karena semua hutang saya lunas. Saya berjanji kepada Tuhan untuk membagikan kesaksian hidup saya.
PERUSAHAAN INVESTASI PINJAMAN RIKA ANDERSON
Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
Email: support@rikaandersonloancompany.com
rikaandersonloancompany@gmail.com
Panggilan Pelanggan: +1(929)526-0086
Obrolan Whatsapp: +1(929)526-0086
W / A: +6285854125084
PENGUJI: Peterson's Favor
Lokasi: dari Surabaya dan saat ini di Malaysia
Jumlah Pinjaman: RM450,000
MayBank
email: favourpeterson9@gmail.com
Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.
BalasHapusSaya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)
Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua